Ayo Imunisasi MR!!

IMG_20170728_103939
Apa itu imunisasi MR?
Imunisasi MR adalah imunisasi yang dilakukan untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, bahkan kematian. Penyakit ini juga dapat menyerang ibu hamil dan anak-anak. Ibu hamil yang terkena campak rubella dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang akan dilahirkan. Maka, untuk mencegah hal itu terjadi dilakukanlah imunisasi MR ini.
Dalam imunisasi MR digunakan vaksin MR yang telah 95% efektif untuk mencegah campak rubella. Vaksin MR telah mendapat rekomendasi dari WHO dan telah memperoleh izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksin ini telah terbukti aman, bahkan telah digunakan di 141 negara di dunia.
Efek samping dari penggunaan vaksin MR meliputi:
1. Demam ringan
2. Ruam merah
3. Bengkak ringan dan nyeri di tempat suntikan setelah imunisasi adalah reaksi normal yang akan menghilang dalam 2-3 hari.
Namun, kejadian ikutan pasca imunisasi yang serius sangat jarang terjadi.
Imunisasi MR akan dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2017 di Pulau Jawa dan Agustus-September 2018 di luar Pulau Jawa. Pada bulan Agustus dilaksanakan di setiap sekolah masing-masing dan bulan September di Posyandu, Puskesmas, dan sarana pelayanan kesehatan lainnya. Sasaran kegiatan ini adalah anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

*Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi menggunakan vaksin MR. Vaksin MR merupakan vaksin yang dapat mencegah dua penyakit sekaligus.
Sumber: @KemenkesRI

Iklan

Inilah Kota Terbaik di Dunia Versi CNN

CNN menobatkan Seoul, Korea Selatan sebagai kota terbaik di dunia pada tanggal 12 Juli 2017.

Inilah 7 alasan kenapa kota yang dipenuhi idol tampan dan cantik ini jadi kota terbaik di dunia!
1. Transportasi yang Mudah dan Efisien

1500437841_seoul-kota-terbaikenglish.seoul.go.kr

Bagi yang suka liat drakor pasti sering liat kondisi jalanan korea yang dilewati kendaraan umum seperti bus. Selain itu, juga ada yang namanya kereta bawah tanah atau mereka sih nyebutnya sub way. Kalau di Seoul, motor itu gak sembarangam lewat, paling ada motor yang biasa nganter pesanan makanan. Ini salah satu yang gue suka, soalnya warganya itu lebih suka naik kendaraam umum dari pada naik kendaraan pribadi. Bahkan, ada jalur khusus buat sepeda lho. Wah.. Jadi pengin main ke sana..
2. Makanan yang Enak

images (10)(www.koreanbapsang.com/2016/10/vegan-kimchi.html)

Gara2 efek nonton drakor, gue jadi tahu makanan korea yang disukai banget di sana. Ada kimchi, tteokbokki, heotteok, bibimbap dan masih banyak lagi. Mereka juga menyediakan street food yang bakal bikin kita ngiler.

3. Punya Bandara yang Keren Abis

1712081shutterstock-incheon780x390(travel.kompas.com)

Incheon International Airport merupakan salah satu bandara kelas bintang lima terbaik di dunia. Di sini terdapat fasilitas lengkap, mulai dari restoran, spa, hingga tempat golf semuanya ada. Jadi, gak usah bingung lagi kalau mau hang out.

4. Tempatnya Orang Ganteng dan Cantik

IMG_20170609_220228(Big Hit Entertainment-BTS)

Gue kira di Korea gak ada orang jelek. Mereka semua cantik dan ganteng, entah itu seorang idol, artis, maupun warga biasa. Bahkan, klinik kecantikan sudah menjamur dimana-mana.

5. Banyak Tempat Buat Shopping

myeong 3 UP s

(2.bp.blogspot.com)

Banyak tempat shopping yang dibangun di Seoul karena gaya hidup para warganya. Dari mulai pakaian hingga barang elektronik semua tersedia. Pantes aja, warga Korea itu selalu tampil fashionable ternyata mereka doyan banget shopping.

 

6. Tersedia Internet Paling Cepat 

1500437783_fatwa-mui-media-sosial

(Allkpop.com)

Korea memiliki koneksi internet tercepat di dunia yakni 26,1 Mbit/s. Dijamin gak bakalan lola maupun pending deh. Bikin iri pokoknya

7. Lingkungannya Terlihat Rapi

1500438302_seoul-kota-terbaik(entouriste.com)

Kadang suka geleng-geleng kepala sendiri lalo lagi liat drakor. Soalnya, lingkungannya itu rapi dan bersih banget. Gue kira di sana gak ada pemukiman kumuh deh. Kapan yaa di sini kaya gitu?

Menjaga Lahan Gambut, Menjaga Indonesia

350px-Mohos_Peat_Bog_1

(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gambut)

Tanah gambut merupakan tanah yang sangat subur, karena tanah ini mengandung bahan organik yang tinggi dan berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang membusuk. Tanah gambut adalah tanah yang lunak, sehingga mudah untuk ditekan. Apabila ditekan maka tanah ini akan mengeluarkan air. Bahkan, apabila dikeringkan dapat dijadikan bahan bakar sumber energi. Selain sumber energi, gambut juga dapat digunakan untuk memasak dan sebagai pemanas di rumah. Maka tidak heran jika gambut merupakan tanah yang kaya akan manfaat. (Wikipedia)
Di Indonesia sendiri luas lahan gambut tersebar di berbagai daerah dengan luas yang beragam. Di Sumatera saja terdapat 7,3-9,7 hektar lahan gambut atau setara dengan 1/4 luas lahan gambut di daerah tropis. Hal ini dapat menjadikan gambut sebagai sumber energi alternatif jika dimanfaatkan dengan baik. Maka perlu adanya sinkronisasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait sehingga hal tersebut dapat terlaksana. Namun, tanpa adanya kerja sama yang dilakukan berbagai pihak maka akan membuat semua itu sulit untuk tercapai.

250px-Torfabbau-(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gambut)

Bagi negara tropis, dengan adanya lahan gambut dapat dijadikan sumber ekonomi yang menjanjikan. Hal ini didukung oleh cuaca yang ada di daerah ini. Daerah tropis tidak mengalami 4 musim, sehingga lahan gambut dapat termonitor secara jelas. Namun, terkadang cuaca juga menjadi kendala. Misalnya, saat musim penghujan berlangsung terus menerus maka akan menjadikan tanah gambut kelebihan air dari kondisi yang seharusnya. Apalagi saat musim kemarau berlangsung lama, maka akan lebih membahayakan. Hal ini mengacu pada suhu saat musim kemarau yang dapat sangat panas dengan disertai tiupan angin yang kencang maka dapat menyebabkan kebakaran hutan.
Peristiwa kebakaran hutan pernah terjadi di Indonesia pada tahun 2015 dimana 52% hutan yang terbakar merupakan lahan gambut. Peristiwa ini menyadarkan semua pihak untuk lebih memerhatikan lingkungan. Setelah peristiwa karhutla ini, pemerintah baru memikirkan cara pencegahan agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi. Padahal, sangat penting untuk menjaga lahan gambut maupun lahan lain agar tidak terjadi hal serupa. Lalu bagaimana cara menjaga lahan gambut itu?
Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga lahan gambut:
1. Pemantauan Komitmen
Pemerintah memiliki program nasional untuk merestorasi lahan gambut seluas 2 hektar selama 5 tahun. Dengan berbagai pihak yang ikut andil, Presiden Jokowi berharap agar dalam menjaga ekosistem lahan gambut dapat terus memerhatikan aspek kelestarian lingkungan. Selain itu pemerintah juga memiliki program pelarangan pembukaan lahan baru atau eksploitasi lahan gambut untuk usaha kehutanan dan perkebunan. Program ini perlu didukung dan dilakukan bersama dengan masyarakat agar dapat terlaksana dengan baik. Dengan berkomitmen bersama untuk menjaga lahan gambut berarti ikut menjaga Indonesia dari kerusakan alam yang mungkin terjadi.

2. Peta Restorasi
Di Indonesia, lahan gambut tersebar diberbagai wilayah. Maka untuk merestorasi lahan gambut perlu adanya keterkaitan dari berbagai pihak. Selain itu, lahan gambut harus dipetakan untuk mengetahui mana yang menjadi prioritas utama dalam melakukan restorasi tersebut. Aktivitas dan perkembangan restorasi gambut yang dilakukan oleh berbagai pihak, meliputi pemerintah, organisasi masyarakat sipil, serta pelaku usaha. Sebenarnya masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi dengan melakukan pengawasan terhadap lahan gambut yang ada di daerah mereka dan melaporkannya kepada pihak terkait jika terdapat penyimpangan saat dilakukan restorasi lahan gambut.

3. Berbagi Cerita
Berbagi cerita merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga lahan gambut. Dengan sharing atau membagikan pengalaman kepada orang lain dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lahan gambut. Seringnya berkomunikasi dengan orang lain dalam suatu komunitas atau kumpulan orang dapat juga membantu meningkatkan motivasi mereka untuk semakin mencintai lahan gambut. Pengalaman yang diceritakan dari orang yang secara langsung mengalami dampak akibat lahan gambut baik positif maupun negatif akan lebih dipercaya dari pada seseorang yang belum pernah mengalaminya.

4. Mengenal Lahan Gambut Lebih Jauh
Mengenal lahan gambut lebih jauh dapat membantu memantau gambut. Selain itu, mempelajari secara mendalam mengenai gambut dapat menigkatkan pengetahuan kita tentang gambut. Pengetahuan yang baik akan membawa pada perilaku yang baik pula. Orang yang tahu cara menjaga lahan gambut dan memiliki pengetahuan tentang pentingnya lahan gambut pasti akan lebih menjaga lahan gambut daripada orang yang tahu cara menjaga gambut tapi tidak tahu seberapa pentingny lahan gambut itu.
Setelah mengetahui cara-cara untuk menjaga gambut, alangkah lebih baik lagi jika cara tersebut diaplikasikan pada lahan gambut. Untuk itu perlu adanya kontribusi dari semua pihak agar lahan gambut dapat terlindungi. Menjaga lahan gambut berarti menjaga Indonesia. Itulah yang harus dijadikan slogan dalam melakukan perlindungan terhadap lahan gambut, sehingga akan menambah kepedulian kita terhadap lahan gambut. Jadi, kita harus selalu melakukan pantau gambut agar dapat terus menjaga lahan gambut dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi sehingga dapat dicegah. #pantaugambut

Sumber:
Wikipedia. Tanpa tahun. Gambut. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gambut. Diakses 19 Juli 2017
Anonimous. Tanpa tahun. Pantau Gambut. pantaugambut.id. diakses 15 Juli 2017.

Bahaya Plastik Hitam

Tahukah kamu, apa bahayanya menggunakan plastik hitam?
Kebanyakan orang mengetahui jika plastik hitam itu berbahaya, tetapi mereka tetap menggunakannya bahkan untuk membungkus makanan. Memang bahaya yang akan ditimbulkan tidak langsung terlihat, tetapi lambat laun akibatnya dapat dirasakan. Maka dari itu sebaiknya mengurangi pemakaian plastik hitam dengan menggantinya dengan plastik lain yang lebih ramah lingkungan.
Sebenarnya apa saja yang terkandung pada plastik hitam?
Plastik hitam terbuat dari berbagai limbah plastik. Limbah ini berasal dari berbagai jenis, seperti limbah wadah pestisida, wadah kotoran hewan, limbah loham berat bahkan limbah rumah sakit juga digunakan. Hal inilah yang membuat plastik hitam tidak diperbolehkan digunakan untuk membungkus makanan.
Apa akibat dari penggunaan plastik hitam?
Plastik hitam terdiri dari berbagai bahan campuran yang bersifat karsinogenik. Hal ini berarti bahwa plastik hitam dapat menyebabkan kanker apabila dipanaskan.
Pemerintah sudah memberikan peringatan untuk tidak memakai plastik hitam sebagai tempat pembungkus makanan ataupun bahan makanan.

Daebak… Inilah Tempat di Nusa Penida yang Bakal Buat Turis Tercengang

Masih tentang Bali, mungkin kamu sudah berkali-kali menjelajahi Pulau Dewata ini. Tapi pernahkah kamu ke Nusa Penida? Kalau belum, sebaiknya segera masukkan pulau di timur Bali ini ke bucket list kamu, karena di sana ada banya destinasi wisata unik yang siap membuat kamu terpesona. Kerennya lagi, tempat-tempat tersebut jarang diketahui turis!
Nusa Penida bisa diakses lewat jalur laut dari Bali. Pertama, menumpang kapal Ro-Ro dari Padang Bai. Pilihan kedua, naik jukung (perahu tradisional) dari Sanur atau Kusamba (sekitar Rp40.000). Pilihan ketiga, naik fast boat dari Sanur atau Padang Bai (sekitar Rp75.000), atau (kalau punya budget lebih), bisa pilih opsi cruising.
1. Pantai Atuh

1-Pantai-Atuh-via-nusapenidamedia(nusapenidamedia)

Pantai dengan keindahan panorama yang juara banget: perpaduan antara pasir putih, lautan gradasi biru tua-biru muda-kehijauan, dan formasi batu karang nan eksotik. Laut di pantai yang diapit dua bukit hijau ini sangat jernih, seperti agar-agar biru transparan yang memamerkan terumbu karang di dasarnya.
Untuk mencapai pantai yang membentang sepanjang 500 meter ini, kamu harus menuruni bukit, melewati perkampungan dan perkebunan, serta pepohonan kelapa. Ini akan jadi petualangan yang seru!
2. Pasir Uug (Broken Bay)

2-Pasih-Uug-dari-atas-via-water-sport-bali
(water-sport-bali)

2-Pasih-Uug-via-500px
(500px)

Pantainya mirip dengan Uluwatu, berada di kaki tebing karang dan menawarkan panorama yang memukau. Hanya saja di sini ombaknya lebih tenang. Yang unik adalah adanya batu karang yang bolong menyerupai pintu gerbang menuju kolam raksasa yang dipagari tebing-tebing karang. Kadang kamu bisa melihat pari atau penyu berenang di airnya yang biru sebening kaca.

3. Angel’s Billabong

3-Angels-Billabong-via-Pinterest(Pinterest)

3-Angels-Billabong-via-Smithsonianmag

(Smithsonianmag)

Cuma ada dua tiga yang cocok menggambarkan tempat ini: it’s unbelievably cool! Angel’s Billabong adalah muara sungai yang berakhir di laut, membentuk kolam panjang yang diapit tembok karang. Air lautnya berwarna biru kehijauan dan sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat dasarnya yang berceruk-ceruk. Kalau sedang tidak pasang, kamu bisa berenang sepuasnya di sini! Letaknya tak jauh dari Pasih Uug.

4. Hutan, Pantai, dan Mata Air Tembeling

4-Mata-Air-Temeling-via-pencinta-alam
(pecinta-alam)

4-Pantai-Tembeling-via-Budinusa-x

(Budinusa)

4-Mata-Air-Temeling-via-reservasi

(Reservasi)

Masih jarang diketahui turis, hutan, pantai dan mata air Tembeling (atau Temeling) menyimpan keindahan alami yang merupakan perpaduan dari ketenangan dan alam liar. Kamu harus berjalan menembus hutan hujan selama satu jam sebelum tiba di Mata Air Tembeling yang jernih dan segar airnya. Kamu bisa berenang di sini, dan kolamnya pun dipisah antara laki-laki dan perempuan. Namun hati-hati, ada spot yang kedalamannya mencapai 7 meter. Di tepian hutan ada pantai berbatu yang cantik, di mana kamu bisa memandang lautan biru.

5. Dive Site

5-via-balitravellink(balitravellink)

5-Temple-Point-via-baliplus-x

(baliplus)

Nusa Penida punya banyak sekali dive sites dengan pemandangan bawah air yang luar biasa. Beberapa yang direkomendasikan adalah Toyapakeh (terumbu karang subur dengan banyaknya ikan besar seperti giant trevallies), Ceningan Wall (tembok koral vertikal dengan kedalaman 180 meter), Crystal Bay (ikan mola-mola, Napoleon fish, terumbu karang yang sehat, gua-gua bawah laut dan table coral raksasa yang dihuni ratusan ikan), Manta Point (tempat manta raksasa) dan Temple Point (candi dan patung Buddha di dasar lautan yang dihuni ratusan ikan).

6. Pura Dalem Penataran Ped

6-Pura-Dalem-Penataran-Ped-via-herbies3(herbies3)

Tenang dan damai seperti suasana pura di Bali pada umumnya, Pura Penataran Ped istimewa karena pemandangan indah hutan dan pepohonan kelapa di sekitarnya. Pura ini sangat populer sebagai obyek wisata spiritual di Nusa Penida.

7. Lompat Tebing di Nusa Ceningan

7-Cliff-jump-via-nomadicbee(nomadicbee)

7-Blue-Lagoon-via-nomadicbee

(nomadicbee)

Bergeser sedikit dari Nusa Penida, tepatnya di Nusa Ceningan, adalah pantai Blue Lagoon yang cantik dan biru, eksotik dikelilingi tebing-tebing tinggi. Di sinilah para adrenaline junkies menguji nyali mereka dengan melompat dari tebing setinggi 12 meter, langsung ke lautan yang bergelora di bawahnya. Bakalan ada instruktur yang mengajari kamu teknik melompat yang benar. Tapi, kalau nggak berani, nikmati saja pemandangannya yang mempesona.

8. Pantai Suwehan

8-Pantai-Suwehan-via-Backpacker-Indonesia(Backpacker Indonesia)

Pantai yang sangat tenang, terisolir, dengan keindahan yang menakjubkan! Untuk mencapainya, kamu harus menuruni bukit yang cukup curam, namun dengan pemandangan sekitar yang menghijau, dihiasi pepohonan kelapa dan sebuah pura desa. Ketika sampai, pantai berpasir putih dengan lautnya yang biru jernih segera menyambut.

9. Mata Air Guyangan

9-Tangga-Mata-Air-Guyangan-via-balebengong(balebengong)

Mata air ini sangat jernih, segar dengan pemandangan sekitar yang menakjubkan. Namun nggak semua orang mampu turun ke sini, karena dibutuhkan nyali besar untuk menapaki anak tangga demi anak tangga yang menuruni tebing curam. Begitu sampai di bawah, kamu bisa berendam sambil menikmati indahnya pemandangan lautan biru berhias karang-karang raksasa.

10. Pasih Adus

10-Pasih-Andus-by-violetasaragih(violetasaragih)

10-Pasih-Andus-by-Liburansari

(Liburansari)

Mirip water blow yang ada di Nusa Dua, namun Pasih Andus masih sangat alami dan jarang dikunjungi turis. Keindahan lautan bisa kamu nikmati dari puncak tebing karang, dengan airnya yang biru kehijauan beriak dan berombak. Tiba-tiba, kamu dikagetkan dengan semburan ombak yang bertabrakan dengan karang, terhempas tinggi ke udara.

Sumber: blog.gogonesia.com/8-keindahan-tersembunyi-di-nusa-penida-yang-jarang-diketahui-turis/#comment-322

Mengintip Candi yang Dikunjungi Obama

Mantan Presiden AS Barack Obama menghabiskan waktu liburannya di Indonesia. Beliau mengunjungi Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Di Yogyakarta beliau mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Intip kemegahan Candi Prambanan dan Borobudur di sini.

Candi Prambanan

Yogyakarta_Indonesia_Prambanan-temple-complex-02

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Candi_Prambanan

Candi Borobudur 

240px-Stupa_Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca BuddhaBorobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.[3] Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Para peziarah masuk melalui sisi timur memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam, sambil terus naik ke undakan berikutnya melalui tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha. Ketiga tingkatan itu adalah Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dalam perjalanannya ini peziarah berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga dengan menyaksikan tak kurang dari 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Borobudur